Pemdes Sriwidadi Pantau Peringatan Hari Buruh Di Takisung

Share it Please

 

                           Pemdes Sriwidadi Pantau Peringatan Hari Buruh Di Takisung

                                                                                        

Sriwidadi, Rabu 01 Mei 2024; Pemerintah Desa Sriwidadi melakukan pemantauan kegiatan Peringatan Hari Buruh Internasional yang dilaksanakan oleh Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) PT. Globalindo Agung Lestari di area wisata pantai Takisung. Kegiatan tersebut merupakan agenda dari Serikat Buruh Sejahtera Mandiri yang mewadahi seluruh karyawan pada PT. Globalindo Agung Lestari yang bergerak pada bidang perkebunan kelapa sawit.

Pemerintah Desa Sriwidadi selalu mematuhi aturan libur nasional yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah termasuk pada tanggal 1 Mei merupakan libur nasional, untuk memperingati Hari Buruh Sedunia, walaupun Pemerintah Desa tidak melaksanakan kegiatan, namun mengingat banyak warga Desa Sriwidadi yang berstatus sebagai karyawan pada PT Globalindo Agung Letari yang bergerak di bidang Perkebunan Kepala Sawit, melalui Organisasi Pekerja yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjanan Kabupaten Kapuas , yaitu Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) selalu mengadakan kegiatan setiap tanggal 1 Mei.                                             

Pada tahun 2024, SBSI bekerjasama dengan pihak manajemen PT. Globalindo Agung Lestari akan mengadakan kegiatan wisata ke Pantai Takisung Banjarmasin Kalimantan Selatan. Pada kegiatan tersebut dari karyawan hanya di pungut uang sebesar Rp 50.000 ,- untuk biaya transportasi, selebihnya di tanggung pihak SBSM bekerjasama dengan manajemen PT. Globalindo Agung Lestari ( GAL ).

Peserta kegiatan dalam rangka peringatan hari buruh internasional ( May Day ) ke tempat  wisata  Pantai Takisung terdiri dari Karyawan Plasma dan Karyawan Inti serta dari pihak SBSS beserta perwakilan Manajemen PT. globalindo Agung Lestari. Pada pelaksanaan kegiatan tahun ini di perkirakan membawa  10 Armada Bis Pariwisata dengan total peserta kurang lebih 400 karyawan.                                                                                    

Peringatan Hari Buruh merupakan agenda tahunan bagi pengurus KBSI pada PT. Globalindo Agung Lestari ( PT. Gal ) yang selalu mengadakan kegiatan Pariwisata terutama ke pantai yang ada di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya, hal ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi dan peran aktif dari pengurus SBSM terhadap seluruh anggotannya. Hubungan yang baik antara Manajemen Perusahaan PT . Gal dengan Pengurus SBSM membuat momen peringatan Hari Buruh Sedunia tidak dilakukan dengan cara turun ke jalan atau ke pusat pemerintahan maupun pusat manajemen PT. Gal dalam bentuk pawai atau demo 

Tujuan Diperingati Hari Buruh , antara lain:

  1. Sebagai penghormatan terhadap peristiwa 1 mei di Haymarket Chicago.
  2. Sebagai penghormatan dan pengakuan terhadap peran buruh/pekerja dalam pelaksanaan pembangunan di masyarakat
  3. Upaya perbaikan pada sistem Perundang-undangan yang menyangkut hak-hak para buruh/pekerja
Hasil Pemantauan

Berdasarkan pematauan dari pemerintah desa sriwidadi, Serikat Buruh Sejahtera Mandiri (SBSM ) dalam agenda tahuna yaitu pada peringatan hari buruh internasional di nilai berhasil. hal ini dapat di buktikan dengan pengalihan kegiatan turun kejalan atau pawai akbar  baik di dalam area manajemen PT. Globalindo Agung Lestari maupun tergabung dengan rekan - rekan buruh yang ada di perkotaan, untuk menyampaikan orasi kepada anggota Dewan maupun kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, akan tetapi dapat di alihkan dalam bentuk agenda wisata pada setiap May Day.

\Hal ini sudah menjadi pertimbangan bahwasanya hak-hak dari para karyawan PT. Gal telah terpenuhi sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, baik menyangkut upah minimum regional, Jamsostek, maupun Tunjangan Hari Raya telah terpenuhi. Semoga seluruh karyawan yang akan berangkat pada hari Rabu pada pukul 04.00WIB yang bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Sedunia sampai ketujuanpada pukul 13.00 WIB dengan selamat dan sampai kembali pada pukul 21.00 WIB dengan selamat.

 

 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Rahadian. All rights resevered. Designed by Templateism