Mengubah Mindset Paska Bimtek

Share it Please

 MENGUBAH MINDSET PASKA BIMTEK

Mindset adalah pandangan mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu penomena. Pola pikir seseorang dapat tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tingkat kematangan dan kedewasaan dalam suatu pemikiran berdasarkan logika dan perkembangan jaman. Suatu Desa akan berkembang dengan pesat apabila semua unsur yang terlibat dalam struktur pemerintahan desa mau merubah mindset ( Pola Pikir ) dalam pelaksanaan tugas secara internal maupun eksternal. Dalam sistem pemerintahan desa kita mengenal Susunan Organisasi Dan Tata Kerja (SOTK) , semua unsur yang terlibat di pemerintahan desa sudah mengetahui tupoksi masing-masing sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan ataupun undang-undang yang masih berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Pemerintah pusat melalui beberapa kementerian berupaya untuk meningkatkan kemampuan kapasitas aparatur pemerintah desa melalui Bimbingan Teknis maupun pelatihan-pelatihan, yang wajib diikuti oleh pemerintah desa. Dari semua platfon yang ditawarkan dari rekanan Penyedia Bimbingan Teknis tersebut, untuk pelaksanaan Bimbingan Teknis maupun pelatihan. Pemerintah desa akan melihat skala prioritas utama yang sangat di perlukan dalam pelaksanaan tugas, agar memudahkan dalam sistem pelayanan publik maupun pelaporan hasil pelaksanaan anggaran . Pemerintah desa wajib menganggarkan sub bidang peningkatan kapasitas pemerintah desa untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) di semua tingkatan secara bertahap berdasarkan kemampuan keuangan desa. Pemerintah Desa dalam menganggarkan tetap memperhatikan skala prioritas penggunaan dana desa ( DD ) maupun alokasi dana desa (ADD) sebagai sumber kegiatan Bimtek tersebut.

Dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) maupun studi banding ( Studi Tiru ) serta Pelatihan disuatu wilayah, tentunya akan dilakukan study banding di suatu daerah atau desa yang sudah sangat maju baik dari segi pelayanan, pembangunan, maupun bidang lainya. Perbedaan yang sangat mencolok antara desa peserta Bimtek , Study Tiru maupun pelatihan dengan desa tujuan studi banding sangat jauh berbeda, baik pada sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM ), sumber daya alam (SDA), serta dalam manajemen tata kelola pemerintahan desa yang baik (Good Governance).

Hal ini yang menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Desa dalam memberangkatkan peserta Bimbingan Teknis maupun Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, diharapkan mampu meniru dan menerapkan seperti desa yang sudah sangat maju tersebut. Adapun kendala yang di alami oleh desa peserta paska Bimtek maupun pelatihan di antaranya sebagai berikut :

  1. Keterbatasan Sumber daya manusia yang menguasai ITE
  2. Keterbatasan sarana dan prasarana pendukung seperti jaringan internet dan computer
  3. Tidak mau mencoba hasil Bimtek atau pelatihan kerena perbedaan kondisi
  4. Selalu beranggapan bahwa hasil pelatihan sangaat sulit untuk diterapkan ( Mindset)

Apapun kondisi dan kekurangan yang ada pada pemerintah desa, selama mau mencoba tentunya akan membuahkan hasil , walaupun belum maksimal. Keinginan untuk menjadi desa yang maju harus di mulai dari dalam sistem pemerintahan Desa terlebih dahulu sebelum go public. Rencana tindak lanjut paska Bimtek maupun pelatihan harus di laksanakan dengan segala kendala yang di hadapi, agar apa yang didapat saat Bimbingan Teknis maupun pelatihan berguna untuk kemajuan suatu desa atau sebaliknya akan tetap menjadi desa seperti semula, tanpa ada perubahan .

Adapun beberapa cara yang dapat di lakukan paska Bimtek maupun Pelatihan di antaranya:

  1. Ada kemauan untuk merubah mindset paska pelatihan
  2. Berusaha meningkatkan ITE untuk menunjang hasil penerapan paska pelatihan
  3. Dukungan pemangku kebijakan dan sesama rekan kerja
  4. Memiliki motifator untuk meningkatkan kemampuan
  5. Memiliki referensi untuk menunjang kinerja paska pelatihan
  6. Sikap optimis bahwa kita bisa seperti mereka

Apasih manfaatnya bagi desa paska Bimtek maupun pelatihan ?, peserta Bimbingan Teknis maupun pelatihan baru mengetahui manfaat hasil dari Bimtek maupun pelatihan setelah melaksanakan rencana tindak lanjut paska Bimtek, bukan hanya sebatas pengetahuan saja, tetapi riel pada pelaksanaan tugas dalam pelayanan public. Awalnya sangat sulit akan tertapi setelah berhasil melaksanakan dari hasil pelatihan, baru tahu bahwa ada kemudahan, sangat terbantu serta efektif dan efisien dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Seperti halnya dengan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penguatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Geration ( Siks-NG ) yang dilaksanakan di Jakarta dari tanggal 2-5 Juli 2024 yang lalu. Diperlukan adanya perubahan mindset paska Bimtek terhadap Rencana Tindak Lanjut setelah kembali ke Desanya masing-masing. Apa yang sudah didapat dalam Bimbingan Teknis tersebut kiranya dapat diterakpan dan bermanfaat untuk kemajuan Desa. Mengingat dalam pemberangkatan peserta menggunakan anggaran Negara yang harus dapat dipertanggungjawabkan oleh Pemerintah Desa.

Seperti kita ketahui bahwa aplikasi Siks-NG, bukanlah hal baru karena semua desa sudah melaksanakan serta dapat mengoperasikan aplikasi Siks-NG. Dari kegiatan Bimtek tersebut dimungkinkan ada beberapa penambaha fitur atau perbaikan sistem yang harus diketahui oleh operator Siks-NG, pada tahun 2024 sekarang ini terkait data maupun dalam sistemnya. Adapun penegasan dalam sistem Siks –NG terutama dalam hal sebagai berikut :

  1. Pendataa
  2. Pengelolaan Data
  3. Verifikasi data, dan
  4. Validasi Data

Mengubah mindset paska Bimtek mengandung pengertian yang sangat luas, namun sebagai operator yang di dukung oleh pemangku kebijakan di tingkat desa harus berani memverifikasi dan memvalidasi data yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, terhadap peserta bantuan sosial baik terhadap peserta PHK maupun BPNT. Di masyarakat terjadi salah pemahaman terkait bantuan sosial seolah-olah mendapat bantuan tersebut seumur hidup. Hal inilah yang perlu diluruskan bahwasanya peserta yang mendapat bantuan tersebut sewaktu-waktu dapat tervalidasi keluar dari program tersebut, Artikel By Kasipem ( 06/07/2024 )

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Rahadian. All rights resevered. Designed by Templateism