Indeks Pembangunan Mamusia Desa Sriwidadi Tahun 2024

Share it Please

 INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DESA SRIWIDADI TAHUN 2024


Pengertian

Indeks Pembangunan Manusia adalah mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Melalui pendekatkan tiga dimensi dasar yang mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan dan kehidupan layak. Untuk mengukur dimensi kesehatan di gunakan angka harapan hidup waktu lahir.

Indeks Pembangunan Manusia diciptakan untuk menekankan bahwa masyarakat dengan kemampuan mereka harus menjadi kreteria utama untuk menilai pembangunan suatu Negara, bukan hanya pertumbuhan ekonomi saja. Pebangunan manusia adalah suatu proses untuk memperbanyak pilihan-pilihan yang dimiliki oleh manusia.

Dasar Hukum IPM adalah:

  1. Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
  3. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusad Dan Daerah
  4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik

Maksud dan Tujuan

Menurut UNDP, pembangunan manusia merupakan proses perluasan pilihan bagi penduduk ( a process of enlarging the people’s choice ) dengan tujuan utama menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif. IPM merupakan indicator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

Tujuan dari Indeks Pembangunan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia berdasarkan indicator pada tiga dimensi, yaitu:

1. Umur panjang dan sehat

2. Memiliki pengetahuan , dan

3. Kehidupan yang layak

Paparan IPM 3 Dimensi

IPM merupakan suatu indeks komposit yang mencakup tiga bidang pembangunan manusia yang dianggap sangat mendasar, yang digunakan sebagai indeks komposit ,meliputi:

Bidang kesehatan ( usia hidup/ logetivity)

Bidang kesehatan merupakan salah satu dimensi Indeks Pembangunan Manusia, memiliki peran penting dalam pembangunan manusia, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan angka kelahiran anak dalam kurun waktu tertentu. Proses kelahiran bayi/anak dapat mengakibatkan kematian pada bayi hal ini dapat mempengaruhi nilai indeks pada dimensi kesehatan . Dimensi kesehatan bertumpu pada jumlah angka kelahiran harapan hidup pada manusia dalam kurun waktu tertentu. Semakin tinggi tingkat angka harapan hidup pada manusia sejak lahir maka makin tinggi pulau nilai indeks dimensi Kesehatan dan sebaliknya.

Bidang pendidikan ( knowledge )

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan dasar bagi manusia atau masyarakat untuk meningkatkan kecerdasan dalam berpikir yang harus di berikan atau di miliki sejak manusia lahir sesuai dengan tingkatan umur serta jenjang tingkatan pendidikan. Kecerdasan yang di miliki manusia dapat mengatasi berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan dasar sehari – hari. Semakin tinggi ilmu pengetahuan suatu Negara semakin maju pula Negara tersebut.

Bidang ekonomi ( Standar hidup layak/ decent living )

Dimensi lain yang tidak kalah penting adalah dimensi ekonomi merupakan banyaknya jumlah pendapatan perkapita yang di hasilkan atau diperoleh oleh manusia atau masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia terutama bahan pokok sehari – hari. Ekonomi sangat identik dengan pendapatan penduduk atau masyarakat, semakin tinggi pendapatan perkapitanya semakin sejahtera masyarakatnya. Sehingga untuk mendapatkan kehidapan yang layak dapat terpenuhi.

Komponen Indeks Pembangunan Manusia, meliputi:

  1. Angka harapan hidup saat lahir ( Life expectancy )merupakan perkiraan rata-rata banyaknya bayi yang lahir pada tahun tertentu yang dapat ditempuh oleh seseoarag untuk dapat bertahan hidup sejak lahir
  2. Harapan Lama sekolah ( Expected Years of Scooling ) merupakan kemampuan seseorang dalam menempuh jenjang sekolah dalam interval kurun waktu tertentu berdasarkan kreteria umur, serta pada jenjang pendiidkan rata-rata yang dapat di capai
  3. Pengeluaran per kapita disesuaikan ( Purchasing power parity )merupakan pendapatan dan daya beli manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari

Faktor-Faktor yang mempengaruhi IPM antara lain:

  1. Pertunbuhan ekonomi
  2. Distribusi pendapatan
  3. Pengendalian Populasi
  4. Pengentasan kemiskinan
  5. Peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan

Manfaat IPM, antaralain:

  1. Untuk mengetahui dan mengukur kualitas hidup manusia berdasarkan indeks Pembangunan manusia
  2. Untuk menentukan Peringkat capaian pembangunan manusia di suatu wilayah/ negara
  3. Pencapaian Kinerja Pemerintah
  4. Untuk menentukan Alokator Penentuan Dana Alokasi Umum ( DAU )

Rumus IPM adalah sebagai berikut:

             1

 IPM = ---- x ( X1 + X2 + X3 )

             3

Keterangan :

IPM = Indeks Pembangunan Manusia

X1 = Indeks Kesehatan

X2 = Indeks Pendidikan

X3 = Indeks Ekonomi

1/3 = Konstanta

Skors indeks pembangunan betbagi dalam 4 katagori atau kelompok, yaitu:

  1. Katagori rendah dengan nilai IPM ≤ 60
  2. Katagori Sedang dengan nilai IPM ≥ 60 DAN ≤ 70
  3. Katagori Tinggi dengan nilai IPM ≥70 DAN ≤ 80
  4. Katagori Sangat Tinggi dengan nili IPM ≥ 80

Kesimpulan:

Indeks Pembangunan Manusia merupakan indeks komposit pembangunan manusia meliputi tiga dimensi yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi masyarakatnya untuk mendapatkan kualitas hidup yang layak, sehat dan berpengetahuan .


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Rahadian. All rights resevered. Designed by Templateism